Ariuh Lalinduh

Administrator Posted on Jun 28, 2018 Belum ada Komentar

Ngamprah, 28 Juni 2018

Jika anda pernah datang ke SMAN 1 Ngamprah beberapa tahun yang lalu, dan hari ini berkunjung kembali tentu anda akan merasakan begitu banyak perubahan khususnya dari tampilan fisik sekolah ini. Ariuh lalinduh (kawasan yang rindang dan nyaman), mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi yang kini tengah diwujudkan oleh managemen sekolah. Panataan yang baru berjalan belum genap enam bulan ini, tentu belum bisa dikatakan telah memenuhi kriteria ariuh lalinduh namun secara kasat mata hal ini sudah nampak terlihat dan bisa dirasakan.

Begitu memasuki gerbang sekolah anda akan suguhkan taman-taman kecil, yang tersebar di setiap sudut. Dengan kondisi lahan dan bangunan membentuk leter U maka dari depan sudah langsung nampak seluruh pojok halaman utama sekolah.  Keadaan ini tentu membutuhkan penataan yang paripurna karena nyaris hanya ada satu sudut pandangan. Penempatan taman kecil dengan tulisan besar Welcome to SMAN 1 Ngamprah adalah kata sambutan bahasa Inggris untuk semua warga dan tamu yang datang ke berkunjung. Penggunaan kata berbahasa Inggris di halaman utama tentunya memberi gambaran bahwa sekolah yang pernah memiliki slogan Global Oriented ini masih eksis untuk memajukan sekolah hingga mampu berkiprah secara global atau sering dikatakan go internasional. Tidak bermuluk-muluk sebenarnya karena ini memang harus menjadi salah satu tujuan sekolah modern dewasa ini.

Dengan penataan yang cukup apik penempatan taman-taman mini berisi pepohonan, sebagian dilengkapi bangku-bangku dan tempat duduk, dan juga kolam kecil, membuat halaman sempit sebagai mana umumnya sekolah di perkotaan menjadi terasa leluasa dan menyejukkan mata. Tak cukup hingga di situ, parkir kendaraan siswa dan guru yang nyaris sudah tak tertampung nampak tertata rapi dengan memanfaatkan lahan-lahan luang yang sempit dan tersembunyi menjadikannya suasana di sekolah terasa nyaman.

Sesuai dengan moto yang sekaligus menjadi visi sekolah yang berada di ibukota Kabupaten Bandung Barat ini kini tengah berbenah menjadi sekolah yang memenuhi kriteria genah merenah tur tumaninah (yang diterjemahkan menjadi: nyaman, tertib dan mapan). Genah (nyaman) adalah prasarat pertama untuk terciptanya iklim belajar yang kondusif. Merenah atau tertib  yang juga bisa diterjemahkan sebagai penataan adalah kondisi operasional yang menggambarkan adanya perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang sungguh-sungguh sehingga diperoleh kondisi yang merenah. Dan pada akhirnya terciptalah kondisi akhir yang tumaninah. Kondisi yang menggambarkan keleluasaan dan kemapanan sebagai hasil usaha yang serius, terencana, sungguh-sunggu dan berhasil guna.

Citra dari visi misi ini sangat nampak tergambar dari penampilan apik hasil penataan lingkungan sekolah yang langsung terlihat. Penampilan awal bagaimanapun akan memberikan citra dan persepsi awal tentang apa yang terjadi di sekolah. Jika penampilan nampak baik maka akan tergambar bahwa ada komitmen yang baik tentang kinerja di dalamnya, dan begitupun sebaliknya. SMAN 1 Ngamprah hari ini, telah menunjukkan kepada kita betapa komitmen itu telah ada dan nampak tinggal bagaimana program ini bisa secara konsisten dilaksanakan dan ditingkatkan. @bi 2018

Related Post

Tidak ada artikel lain yang cocok !

Komentar
Artikel lainnya
Ariuh Lalinduh
Pendidikan - Jun 28, 2018

Pengumuman terbaru